Unsur-unsur Kebudayaan Secara Universal

Advertisement
Advertisement
kebudayaan merupakan hasil cipta budidaya manusia, oleh karena itu kebudayaan m empunyai unsur sebagai berikut;
a. unsur cipta
unsur tersebut menimbulkan yang namanya ilmu pengetahuan, manusia merupakan makhluk yang sempurna yang di topang dengan mempunyai akal gorizi yaitu akal yang mampu berfikir kritis dan luas, manusia mempunyai sifat ingin tau terhadap segala sesuatu yang di temukan oleh panca indra manusia selalu mempunyai rasa penasaran terhadap sesuatu dang ingin mengetahui asal muasal sesuatu tersebut, dengan pertanyaan, dari mana, kenapa, bagaimana, kapan, apa, dan siapa.maka manusia menggunakan akal pikiranya untuk menemukan jawabannya, dengan demikian kita dapat membedakan fungsi dari akal manusia yaitu akal untuk mengenal dan akal untuk menimbulkan segala sesuatu.
Unsur-unsur Kebudayaan Secara Universal
b. unsur rasa
pada dasarnya unsur rasa tertuju kepada keindahan. rasa keindahan merupakan suatu rasa perangkaian dari berbagai bagian-bagian segala sesuatu, sehingga merupakan satu kesatuan yang lengkap mengandung keseluruhan. hal ini dapat di buktikan ketika kita melihat keindahan alam atau hasil karya seni seseorang.
c. unsur karsa
dengan unsur ini akan menimbulkan adanya religi, kesusilaan, hukum dan lain sebagainya. manusia menpunyai keinginan untuk hidup bahagia, aman ,tentram dan sempurna.
d.unsur bahasa
bahasa merupakan alat komunikasi antara makhluk sosial dan sebagai salah satu sarana untuk berinteraksi. di seluruh dunia ini manusia mempunyai bahasa tersendiri sesuai dengan bangsanya.
e. kesenian
kesenian dapat dibagi ke dalam dua bagian besar:
- seni rupa atau merupakan bentuk seni yang dapat  dinikmati oleh penglihatan mata, seperti contohnya: seni patung, seni tari,lukisan,seni olahraga dan lain-lain.
-seni suara atau kesenian yang dapat dinikmati oleh telinga. contohnya seperti musik dan instrumental dan seni sastra.
f. sistem pengetahuan (knowledge)
sering orang menyamakan antara pengertian pengetahuan dan ilmu pengetahuan. padahal memiliki perbedaan yang mencolok. setiap kebudayaan akan mempunyai sistem pengetahuan. ilmu pengetahuan adalah langkah terakhir dalam perkembangan mental manusia dan boleh dianggap sebagai pencapaian tertinggi dan paling karakteristik di dalam kebudayaan manusia.
tiap-tiap bangsa mempunyai penetahuan mengenai:alam sekitar, alam floradan fauna beserta tempat tinggalnya, zat-zat, bhan- bahan mentah dan benda-benda yang ada di sekitarnya, tubuh manusia,sifat-sifat dan kelakuan manusia dan ruang beserta waktu.
g. sistem religi
penggunaan istilah sistem religi(bukan religi atau agama saja), religi merupakan suatu kompleks dari banyak unsur yang semuanya menjadi suatu sistem/tata tertentu. semua aktivitas manusia yang bersangkut paut dengan religi berdasarkan atas suatu getaran jiwa(religious emotion). religious emotion menyebabkan suatu benda, gagasan atau perbuatan mendapat nilai-nilai kramat (sacread value). seperti contoh; gamelan kyai guntur madu, kalau kita lihat secara fisik hanyalah seperangkat gamelan seperti yang lainnya, tetapi oleh mereka yang mengalami religious emotion, gamelan tersebut mendapatkan tempat tersendiri di dalam batinya.
adapun unsur penting di dalam religi sebagai berikut: sistem kepercayaan dan sistem upacara keagamaan.
 


Advertisement