DEFINISI GEOGRAFI TRANSPORTASI

Advertisement
Advertisement
Assalamu'alaikum...wr.wb

Definisi Geografi Transportasi - Disini saya akan mengulas secara singkat mengenai ilmu geografi transportasi. yang mana ilmu ini mengulas dan menerangkan tentang ruanglingkup ilmu geografi dan ilmu transportasi. yang bertujuan untuk memadukan antara keduanya, disiplin ilmu ini sangat bermanfaat bagi para pelajar FKIP prodi geografi dan fakultas teknik.
perlu di ketahui bahwa yang dinamakan dengan ilmu geografi yaitu suatu ilmu yang menerangkan tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang keruangan, kelingkungan dan kewilayahan (hasil samnas 1989 di IKIP semarang). jadi ilmu georafi adalah suatu ilmu yang di tujukan untuk menelusuru kejadian alam baik meliputi lapisan biosfer, litosfer, atmosfer, litosfer dan antroposfer.
DEFINISI GEOGRAFI TRANSPORTASI
Sedangkan yang dimaksud dengan transprortasi adalah suatu kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh manusia,barang dan jasa dari suatu tempat ke tempat yang lain untuk mencapai tujuan yang di inginkan dengan menggunakan alat transportasi.
nah, dari pengertian di atas rekan-rekan pasti mempunyai rasa penasaran dengan pertanyaan, apa hubungan antara ke dua ilmu tersebut?
Disini saya selaku penulis akan mencoba untuk menjelaskan, tadi sudah di sebutkan bahwa yang di maksud dengan goegrafi yaitu ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan penomena geosfer oleh karena itu di bumi ini antara suatu wilayah dengan wilayang yang lainnya berbeda, dikarenakan perbedaan tersebut maka akan timbul interaksi sosial antara satu dengan yang lainnya. seperti contohnya di kota A memiliiki potensi wilayah yaitu berupa tanah yang subur oleh karena itu mata pencaharian warga kota A yaitu sebagai petani dan menghasilkan pangan yang melimpah. di sisi lain terdapat kota B yang mana kota B tersebut tidak memiliki kesuburan tanah seperti yang ada di kota A, dan warganya bermata pencaharian sebagai wiraswasta bisa dikatakan kota B sebagai sentra industri baju, dengan demikian antara kota A dan kota B akan saling membutuhkan. kota A membutuhkan bahan pangan sebagai kebutuhan primer yang tidak bisa dihasilkan olehnya, di samping lain kota B membutuhkan baju untuk menutupi auratnya. nah dari sini peran transportasi sebagai suatu sistem ataupun alat untuk penunjang antara kebuutuhan dari dua kota tersebut.
transportasi di bagi menjadi tiga bagian: ada transportasi darat, air dan udara. ketiga bagian tersebut memiliki suatu kesinambungan bagi penggunanya.
Transportasi darat biasanya bersifat lokal tergantung topografi suatu daerah. sedangkan transportasi laut biasanya bersifat nasional bahkan internasional. dan transportasi udara merupakan bagian transportasi masa kini di karenakan memiliki kelebihan diantara keduanya, transportasi udara sangat efektif dan efisien bagi pelaku transportasi karna dengan transportasi udara maka rintangan perjalan akan sedikit dibandingkan dengan transportasi jalur darat dan laut.
Georafi dan transportasi tersebut yang keduanya berdiri sendiri dalam disiplin ilmu trannsportasi  menjadi pembahasan tentang fenomena transportasi dengan sudut pandang geografi. dan dari kombinasi tersebut akan menghasilkan kajian geigrafi terhadap fenomena transportasi yang dapat di gunakan oleh semua pihak guna mewujudkan kegiatan transportasi yang nyaman, aman,murah dan efisien tanpa merusak lingkungan.



Advertisement